Batalyon Bhara Daksa Lepas 13 Alumnus Akpol 1991 Purnatugas: Bangga Jadi Keluarga Besar

RIAUWICARA.COM|JAKARTA -  Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 1991 atau Batalyon Bhara Daksa melepas 13 rekan seangkatannya yang purnatu...

RIAUWICARA.COM|JAKARTA - Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 1991 atau Batalyon Bhara Daksa melepas 13 rekan seangkatannya yang purnatugas. Tradisi pedang pora ikut mengantar 13 alumnus Akpol '91 yang memasuki masa pensiun tersebut.

"Masih belum lama rasanya, ketika kita semua masih berkumpul di Barak Akpol Candi Baru Semarang. Menjadi taruna, tertawa bersama, dihukum bersama, bersungut-sungut bersama, berjuang bersama. Pendidikan yang mengokohkan kebersamaan kita," kata Kapolda Riau selaku Ketua Batalyon Bhara Daksa '91, Irjen Mohammad Iqbal, dalam keterangan tertulis, Minggu (5/5/2024).

Acara pelepasan 13 alumnus Akpol '91 ini digelar di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), kemarin (4/5). Acara ini juga dihadiri Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada, Aslog Kapolri Irjen Prabowo Argo Yuwono, Kadiv Propam Polri Irjen Syahardiantono, Wakabaintelkam Polri Irjen Merdisyam, Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, serta alumni Akpol '91 lainnya berserta istri masing-masing.

Selain itu Kapolda Sumsel Irjen Albertus Rachmad Wibowo juga hadir dalam acara selaku tuan rumah. Untuk diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang juga termasuk Batalyon Bhara Daksa.

Iqbal lalu menceritakan Batalyon Bhara Daksa selalu berjuang membenahi dan menyempurnakan Polri dalam hal pelayanan, perlindungan dan pengayoman terhadap masyarakat. Iqbal juga mengaku Batalyon Bhara Daksa bangga, jenderal Sigit menjadi pimpinan Polri yang dalam tiga tahun terakhir telah melalukan banyak pembenahan institusi yang signifikan, melalui visi dan misi Polri Presisi

"Kesempurnaan milik Tuhan, tetapi tekad dan bimbingannya (Jenderal Sigit, red) kepada seluruh anggota Polri telah menjadikan kita sebagai salah satu institusi yang paling dipercaya publik di republik ini. Survei-survei menunjukkan tingkat kepercayaan yang hampir mencapai 80 persen. Menjadi institusi yang sangat jauh lebih baik, di mana kita semua menjadi sangat bangga menjadi bagian dari keluarga besarnya," ungkap Iqbal.

Irjen Iqbal momen melepas kawan seangkatan memasuki masa purnatugas seperti sebuah jeda bersama. "Berhenti sejenak, dan kemudian merenungi, apa yang sudah kita lakukan dengan waktu dan kesempatan yang diberikan kepada kita," ujar Iqbal.

Iqbal mengatakan pelepasan purnatugas kali ini merupakan yang pertama bagi Bhara Daksa, dan bisa jadi pertama kali dilakukan organisasi alumni di Indonesia. Iqbal juga memastikan acara pelepasan teman yang purnatugas akan rutin dilaksanakan ke depannya. Iqbal juga menekankan kegiatan seperti ini baru perdana dilakukan oleh alumni di Polri

"Nantinya, kami akan laksanakan di sejumlah kota-kota lainnya. Sampai saya paling terakhir purnatugas karena saya tahun kelahirannya salah satu paling muda di angkatan kami. Namun semangatnya tetap sama, kami semua sangat bangga sampai pada titik ini dan tetap menjadi keluarga besar," ujar Iqbal.

Berikut 13 alumnus Akpol 1991 yang dilepas purnabakti:

1. Irjen Pol Krisnandi, SH MH, lahir di Tegal Jawa Tengah, jabatan terakhir sebagai Pati Baintelkam Polri (Penugasan pada Staff Khusus Kemenparekraf)

2. Brigjen Pol Nyoman Lastika SH , M.Si, lahir di Buleleng Bali, jabatan terakhir Karo Pal Slog Polri

3. Brigjen Pol Drs Ghiri Prawijaya M.Si lahir di Jakarta, jabatan terakhir Pati Bareskrim polri ( Ka BNNP Sulsel)

4. Brigjen Pol Drs Harianta , M.Si lahir di Klaten ,jabatan terakhir Pati Baintelkam Polri ( Anjak Utama Bidang Kamneg Baintelkam Polri)

5. Kombes Pol Endro Kiswanto, S.H lahir di Padang Panjang, 24 Oktober 1964 jabatan terakhir Pamen Lemdiklat Polri.

6. Kombes Pol Ahmad Tarmizi, SH lahir di Kota Bandar Lampung jabatan terakhir Pamen Bareskrim Polri (Tim Analis Bid Pdakt Pusiknas Bareskrim Polri)

7. Kombes Pol Godhelp Cornelis Mansembra , SH lahir di Jayapura, jabatan terakhir Irwasda Polda Papua Barat

8. Kombes Pol Alex Fauzi Rasad , S.S.T.M.K., S.H lahir di Sukabumi, jabatan terakhir: Widyaiswara Muda Sespimmen Sespim Lemdiklat polri

9. Kombes Pol Drs Imam Prakoso, lahir di Denpasar jabatan terakhir Karolog Polda Aceh

10. Kombes Pol Daniel yudo Ruhoro, lahir di Banyuwangi, jabatan terakhir Kabid Yaninfokrim Pusiknas Bareskrim Polri

11. Kombes Pol Supeno, lahir di Jakarta, jabatan terakhir Dirpolairud Polda Sulsel

12. Kombes Pol Fatori, S.I.K lahir di Bengkulu, jabatan terakhir sebagai Analis Ulama TK II Roanalis Baintelkam Polri.

13. Kombes Pol I Made Wijana, jabatan terakhir Auditor Kepolisian Madya TK III Itwasda Polda Kalsel.

Pada kesempatan yang sama, Irjen Pol (Purn) Krisnandi mengatakan dirinya mewakili rekan yang purnatugas mengucapkan terima kasihnya kepada Irjen Iqbal yang telah menginisiasi acara pelepasan ini di Kota Palembang.

"Kami merasa bangga dan takjub dilepas dengan diantar seluruh rekan rekan satu angkatan yang masih bertugas. Kami juga bersyukur bisa menyelesaikan tugas di kepolisian tanpa permasalahan permasalahan yang membebani institusi Polri," ujarnya.

Acara purnabakti ini juga menjadi ajang silaturahmi antarsesama alumnus Akpol 1991. Tadi pagi Batalyon Bharadaksa mengisinacara kebersamaan dengan jalan santai, bermain bulu tangkis, makan bersama, dan berfoto di Tugu Monpera serta tepian sungai Musi yang berlatar belakang jembatan Ampera.

Editor : Miftahul Syamsir

COMMENTS

Nama

Bali,3,BALIKPAPAN,1,Bandung,1,Bangka Belitung,1,BANGKINANG,3,BANTEN,3,BATAM,2,BENGKALIS,10,BINJAI,2,BOGOR,1,BUKITTINGGI,1,DUMAI,13,GAYO LUES,2,INHIL,3,INHU,7,INTERNASIONAL,1,Jakarta,95,jakarta timur,1,JAYAPURA,1,KAMPAR,56,KAMPAR KIRI,3,KAMPAR KIRI HULU,1,Kepulauan Meranti,4,KUANSING,6,LANGKAT,1,MEDAN,14,MINAS,4,NASIONAL,53,Nusa tenggara timur,1,PEKANBARU,645,PELALAWAN,7,Perawang,1,ROHIL,39,ROHUL,5,ROKANHULU,1,SELAT PANJANG,1,SIAK,103,SLEMAN,1,SULAWESI SELATAN,1,Sumatera Barat,2,TAPUNG HULU,1,YOGYAKARTA,1,
ltr
item
Riau Wicara: Batalyon Bhara Daksa Lepas 13 Alumnus Akpol 1991 Purnatugas: Bangga Jadi Keluarga Besar
Batalyon Bhara Daksa Lepas 13 Alumnus Akpol 1991 Purnatugas: Bangga Jadi Keluarga Besar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhogwBa8eNMjoU3GO0BXUC8jPkXek3q85cDQR950P8x3dm6jDEa_h24pVuVRPDzA7WpTDpwrP5ZkbtTxGVJVTlxBM35cdBjbmrrLci0Bb7cQlKqckKORtS_dPRouUClNlix6KjyEb9pvuAUOZ03ahnnNjW_m0_89jfw9ReCpN5mAE0IZLmEqfCYfNhCisQ/w640-h360/00_07_31_batalyon-bhara-daksa-lepas-13-alumnus-akpol-1991-purnatugas-1_169.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhogwBa8eNMjoU3GO0BXUC8jPkXek3q85cDQR950P8x3dm6jDEa_h24pVuVRPDzA7WpTDpwrP5ZkbtTxGVJVTlxBM35cdBjbmrrLci0Bb7cQlKqckKORtS_dPRouUClNlix6KjyEb9pvuAUOZ03ahnnNjW_m0_89jfw9ReCpN5mAE0IZLmEqfCYfNhCisQ/s72-w640-c-h360/00_07_31_batalyon-bhara-daksa-lepas-13-alumnus-akpol-1991-purnatugas-1_169.jpeg
Riau Wicara
https://www.riauwicara.com/2024/05/batalyon-bhara-daksa-lepas-13-alumnus.html
https://www.riauwicara.com/
https://www.riauwicara.com/
https://www.riauwicara.com/2024/05/batalyon-bhara-daksa-lepas-13-alumnus.html
true
1793629583767935525
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy